Solusi Mengatasi Kacer Diam Saat Lomba

Solusi Mengatasi Kacer Diam Saat Lomba

Terkadang walaupun sudah dilatih sedemikian rupa, seekor masih saja diam dilapangan. Umumnya mereka terdiam karena demam panggung, stres, atau karena faktor lainnya. Nah jika hal ini terjadi, tentu akan sangat merugikan pemilik itu sendiri.

Betapa tidak, pemilik sudah mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk melatih dan merawatnya, namun saat lomba kesanyangannya malah terdiam membisu dan tidak bersuara.

Baca juga: Rahasia Kacer Menang Kontes

Diam Saat Lomba di Mulai

Sebenarnya penyebab utama masalah ini adalah karena kurangnya persiapan, terutama persiapan pada hari-hari terakhir sebelum lomba. Pemilik biasanya menyepelekan hal ini dan tidak melakukan persiapan akhir lomba. Maka dari itu, untuk mencegah diam saat lomba, seorang pemilik haruslah melakukan pelatihan dan perawatan khusus sebelum lomba.

Adapun perawatan dan pelatihan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mandikan sebelum dibawa ke arena lomba.
2. Setelah mandi berikan ini 3 ekor UH dan 2 ekor jangkrik.
3. Jika sudah, lalu kerodong sangkar .
4. Sebelum digantang ke arena, bukalah kerodong sebanyak setengah sangkar.
5. Ambil semua cepuk, tempat minum, atau pun perlatan lainnya dalam sangkar.

Baca juga: Perawatan Kacer Sebelum dan Sesudah Lomba

6. Setelah itu bersihkan sangkar dari kotoran dan sisa makanan yang berserakan.
7. Sebelum lomba dilangsungkan, berikan ini 2 ekor UH dan 2 ekor jangkrik.
8. Setelah itu tutup sangkar dengan kerodong sampai lomba dilangsungkan.

Cara mengatasi yang terdiam saat lomba diatas bisa Anda gunakan sebelum kontes dilangsungkan. Akan tetapi, selain cara-cara diatas, Anda bisa melakukan cara lain yaitu:

1. Memberikan waktu pada untuk adaptasi lingkungan kontes

Cara ini sangat baik untuk melatih mental dan mood sebelum kontes dilangsungkan. Anda bisa membuka kerodong pada lingkungan lomba selama 15 menit, setelah itu Anda tutup kembali sangkar dengan kerodong. Tapi ingat, untuk menghindari timbulnya stres pada , sebaiknya lakukan cara ini pada tempat-tempat yang sedikit sepi dan tidak berisik.

2. Melatih dengan yang lain

Cara ini sangatlah baik dilakukan sebelum lomba dilangsungkan. Anda bisa mengetrek Anda dengan 3-4 lainnya yang memiliki skill yang baik. Tapi ingat, pastikan Anda mengtrek Anda dengan yang sudah gacor dan rajin bunyi.

Baca juga: Budidaya Ikan Nila Menggunakan Terpal

Nah itu tadi adalah solusi mengatasi Kacer diam saat lomba. Selain menggunakan cara-cara diatas, dalam mengatasi permasalahan ini, Anda juga harus memberikan asupan EF yang cukup. Selain itu, sebelum lomba dilangsungkan, Anda juga harus menjaga mood, birahi, dan kesiapan dari jagoan Anda tersebut.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.