Tanda Indukan Kacer Betina Akan Bertelur

Tanda Indukan Kacer Betina Akan Bertelur

Jika Anda adalah seorang peternak , tentu saat-saat yang paling membahagiakan adalah saat dimana indukan betina akan bertulur bukan?

Ya, setelah melewati masa penjohan yang sangat panjang dan masa perkawinan yang lumayan rumit, saat dimana indukan betina akan bertelur adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peternak .

Baca juga: Solusi Mengatasi Kacer Diam Saat Lomba

Akan tetapi, sebelum memastikan seekor indukan sudah siap bertelur atau tidak, Anda harus memastikannya melalui tanda-tanda fisik dari indukan itu sendiri. Tanda-tanda tersebut bisa Anda jadikan sinyal untuk memprediksi kapan indukan tersebut bertelur.

Tapi terkadang peternak pemula sering sekali tidak mengindahkan tanda-tanda ini, dan hasilnya mereka pun tidak tahu kapan indukan tersebut bertelur.

Tanda-Tanda Indukan Betina Akan Bertelur

Dalam beternak , selain melakukan perawatan pada ini, Anda pun harus tahu tanda-tanda kapan saat indukan untuk melangsungkan perkawinan dan bertelur. Khusus untuk indukan yang akan bertelur, Anda harus melakukan persiapan khusus untuk menghadapi urusan yang satu ini.

Untuk melakukan persiapan tersebut, tentu Anda harus tahu bagaimana tanda-tanda indukan betina akan betelur. Adapun tanda-tanda tersebut adalah sebagai berikut:

Baca juga: Rahasia Kacer Menang Kontes

1. Berat badan tubuh yang meningkat

Peningkatan berat badan ini terjadi karena adanya telur yang ada pada perut indukan semakin membesar. dengan semakin telur itu membesar, maka semakin berat juga bobot tubuh indukan tersebut.

2. Kondisi perut

Umumnya kondisi perut indukan yang akan bertelur berbeda dengan indukan yang normal. Saat indukan ini akan bertelur, kondisi perutnya akan lebih besar dan sedikit keras.

3. Kondisi pantat

Saat ini akan bertelur, kondisi pantatnya akan lebih besar dan keras. Hal tersebut disebabkan karena kondisi telur yang semakin membesar dan siap untuk keluar.

4. Kondisi pernapasan yang tidak setabil

Tanda seekor indukan betina akan bertelur adalah kondisi pernapasannya cenderung terengah-engah dan tidak stabil.

5. Indukan lebih suka berdiam diri di sarang

Saat proses bertelur itu semakin dekat, indukan akan cenderung suka berdiam diri di sarangnya.

Baca juga: Perawatan Kacer Sebelum dan Sesudah Lomba

Ingat, saat tanda-tanda tersebut muncul, sebaiknya lakukanlah persiapan yang matang dan baik. Tujuannya adalah agar saat proses bertelur itu tiba, proses tersebut berjalan dengan baik dan tanpa hambatan. Tentu Anda tidak mau dong indukan Anda gagal dalam bertelur? Maka dari itu, Anda harus lakukan persiapan yang sematang mungkin. Sedangkan persiapan tersebut berupa perawatan indukan yang lebih intensif dan pengaturan sarang agar lebih kondusif dan nyaman.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.