Cara Membedakan Kenari Jantan dan Kenari Betina Dewasa

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Kenari Betina Dewasa

Pojok-vet.com – Cara membedakan jantan dan betina – merupakan primadona di era sekarang ini. Sudah banyak sekali yang menggemari sebagai pilihan/favorit karena selain bentuk tubuhnya yang imut juga tampilan warnanya yang anggun dan mempesona. Serta yang paling menonjol dari adalah memiliki suara yang memukau, sehingga hal ini menjadikan penghobi semakin terpikat untuk memiliki dan merawatnya dengan sebaik mungkin, bahkan banyak juga yang berinisiatif untuk menjadikannya sebagai kontes.

Dan saat ini juga banyak kontes yang diadakan oleh para mania di Indonesia, tentu hal ini akan memicu semangat untuk menjadikan sebagai yang istimewa, karena dalam kontes tersebut tentu ada kriteria penilaian khusus, salah satunya yaitu harus bisa menirukan suara jenis lainnya.

Baca juga: Cara Memaster ( Mastering ) Kenari Juara

Ada berbagai macam jenis yang bisa anda dapatkan di pasar terdekat, mulai dari lokal hingga impor. Serta harga juga bermacam-macam sesuai dengan jenisnya, biasanya harga lokal lebih murah sekitar 200 ribuan, sedangkan yang terkenal adalah Yorkshire yang harganya sangat mahal dibandingkan jenis lainnya.

Kenali Jantan dan Betina

Padangan Burung Kenari

Sedangkan untuk perawatannya sendiri bisa dibilang susah-susah gampang, maksudnya gampang bila kita sudah terbiasa dan pengalaman, jika belum tentu butuh sebuah kesabaran dan ketelatenan. Karena dalam perawatannya butuh perhatian secara rutin, mulai dari pemberian pakannya, pembersihan kandangnya, pemandiannya, hingga penjemurannya. Banyak juga yang awalnya hobi merawat , kemudian pengalamannya dijadikan sebagai modal untuk berternak atau membudidayakan hingga menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Mungkin anda juga tertarik untuk beternak , maka silahkan baca tips tentang cara ternak bagi pemula.

Baca juga: Tips Memilih Burung Kenari yang Bagus untuk Kontes / Lomba

Intinya adalah merupakan favorit saat ini dan makin populer di pasaran lokal bahkan di seluruh dunia. Biasanya dalam suatu perlombaan kenari, kebanyakan kenari mania menggunakan jantan, karena kenarin jantan lebih sering gacor atau lebih pandai berkicau dibandingkan dengan kenari betina. Tetapi hal mendasar inilah yang sulit dibadakan oleh para penggemar kenari yang tergolong pemula.

Bahkan yang susah dibedakan jenis kelaminnya adalah pada yang sudah berumur atau sudah dewasa. Banyak sekali yang mempertanyakan mengenai hal ini, khususnya bagi para pecinta kenari yang masih pemula. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana cara membedakan kenari jantan dan betina pada kesempatan kali ini.

Sebenarnya ciri-ciri untuk membedakan jenis kelamin pada dewasa bisa dibilang susah-susah gampang. Untuk mengetahui ciri-cirinya, silahkan simak poin-poin pentingnya berikut:

Kenari jantan memiliki ciri-ciri yaitu pada bentuk kepalanya yang pipih, sedangkan pada betina bentuk kepalanya lebih bulat.

Pada mata jantan sejajar dengan paruh, sedangkan pada kenari betina matanya di atas paruhnya.

Bisa dilihat pada daerah sekitar duburnya, pada kenari jantan terdapat tonjolan, sedangkan pada kenari betina tidak ada.

Baca juga: Keuntungan Memelihara Kenari Sebagai Burung Kicauan

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara membedakan kenari jantan dan betina yang bisa kami muat dalam postingan kali ini, semoga apa yang kami tulis di atas bisa memberikan sedikit pencerahan untuk membedakan jenis kelamin pada , khususnya bagi para kenari mania yang tergolong pemula, semoga bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.