Cara Menjodohkan Kenari Betina dan Jantan

Cara Menjodohkan Kenari Betina dan Jantan

Pojok-vet.com – Cara menjodohkan – Beternak termasuk sebagai usaha bisnis yang cukup menjanjikan. Jika dilihat dari banyaknya penggemar , maka tentu prospek kedepannya terlihat cukup bagus. Ternak tidaklah sulit, sehingga bagi siapa saja juga sangat cocok untuk menjadikan ternak atau budidaya sebagai usaha yang sangat menjanjikan. Banyak kalangan awam yang mencari tahu cara beternak , setelah memahami hal-hal penting untuk perawatannya, maka tidak susah bila langsung terjun untuk memulai beternak . Bisa dilihat pada artikel yang telah kami publikasikan yakni membahas seputar cara ternak bagi pemula.

Baca juga: Cara Membuat Kandang / Sangkar Kenari + Contoh Gambar dan Ukuran

Dalam berternak agar sukses tentu harus tahu beberapa hal penting, khususnya bagi pemula. Peternak juga harus tahu jenis-jenis apa saja yang saat ini sedang populer di pasaran, misanya yorkshire, af, lokal. dan masih banyak yang lainnya. Selain itu juga harus tahu mana yang bisa dibilang langka atau jarang ada di pasaran, semisal merah. Setelah mengetahui berbagai macam jenisnya, tentu jangan sampai ketinggalan juga untuk mengetahui harga terbaru bulan ini, sehingga sobat mania akan lebih mudah menyesuaikan harga dalam hal pembelian maupun penjualannya.

Pada umumnya ketika memulai beternak dimulai dari cara memilih indukan . Tentu sebagai peternak kenari juga harus mengetahui benar indukan yang tepat untuk diternak itu seperti apa. Tapi ini juga merupakan opsional atau pilihan bagi peternak kenari dalam memilih indukan, terserah peternak kenari ingin memilih indukan dari jenis kenari yang mana saja juga bagus-bagus saja. Sebaiknya dalam memilih indukan kenari juga harus diperhatikan kualitasnya, serta yang banyak dicari para penggemar kenari. Misalnya di pasaran pada heboh dengan jenis yorkshire, maka peternak kenari bisa mencoba mendapatkan indukan kenari yorkshire yang berkualitas.

Agar sukses dalam beternak kenari, maka diperlukan penjodohan kenari betina dengan kenari jantan. Banyak juga kenari mania pemula yang belum mengetahui cara menjodohkannya, maka akan kami jelaskan. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mencodohkan kenari adalah sebagai berikut:

Baca juga: Cara Membedakan Kenari Jantan dan Kenari Betina Dewasa

Ciri-ciri Kenari Siap Kawin

Berikut adalah ciri-ciri kenari jantan dan betina yang siap untuk dikawinkan:

1. Kenari Jantan

Pada jantan yang sudah siap kawin biasanya indentik dengan kebiasannya yaitu rajin dalam berkicau atau yang sering disebut dengan istilah gacor. Biasanya bisa dilihat saat jantan berkicau sambil menurunkan kedua sayapnya.
Biasanya kenari jantan yang siap kawin, maka suaranya akan lebih lantang dari biasanya. Selain itu juga diiringi dengan irama yang panjang, dan tidak terputus-putus.
Kenari jantan yang siap kawin biasanya juga ditandai dengan gerakan naik turun sangkar bila didekatkan dengan kenari betina.

2. Kenari Betina

Pada kenari betina yang siap kawin biasanya terlihat galau atau gelisah ketika mendengarkan suara kicauan dari kenari jantan.
Saat mendegarkan kenari jantan berkicau biasanya kenari betina mengepakkan kedua sayapnya sambil berbunyi kecil atu mencicit.
Kenari betina yang siap kawin biasanya juga sering kali mengangkut daun-daun kering, kertas, bulu, ataupun sejenis benda lembut dan tipis untik dibawa ke atas.
Pada bagian fisik kenari betina ditandai dengan cara meihat kelaminnya. Apabila kelamin kenari betina membengkak atau memerah, maka tandanya sudah siap kawin.

Baca juga: Cara Memaster ( Mastering ) Kenari Juara

Cara Menjodohkan Kenari

Padangan Burung Kenari

Adapun cara dalam menjodohkan bisa disimak poin-poinnya berikut ini:

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menjodohkan kenari adalah mendekatkan sangkar kenari jantan dengan sangkar kenari betina hingga berdampingan, dengan tujuan agar keduanya saling mengenal lebih dekat.

Biasanya kenari yang sudah jodoh ditandai dengan agresifnya kenari jantan, dan ini bisa dilihat pada kenari jantan yang rajin berkicau sambil menambrak-nambar ruji sangkar, dan kenari betina yang mendengarkan suara kenari jantan akan diam membungkuk.

Biasanya kenari sudah berjodoh ditandai juga pada kenari jantan maupun betina yang saling meloloh. Pada kondisi seperti ini, maka kenari jantan sudah bisa disatukan dengan kenari betina dalam satu sangkar.

Pertama kali disatukan, biasanya kenari jantan semakin agresif dengan menyerang dan bertarung dengan kenari betina. Oleh karena itu perlu juga pengawasan pada indukan.
Apabila selama 2 sampai 3 hari kondisinya masih sering bertarung, maka sebaiknya keduanya dipisahkan kembali, dan mengulang kembali penjodohan kenari dari awal.

Baca juga: Tips Memilih Burung Kenari yang Bagus untuk Kontes / Lomba

Demikianlah sedikit informasi tentang cara menjodohkan kenari yang bisa kami tulis dalam blog budidaya kenari ini. Semoga sobat kenari mania yang berniat untuk melakukan penjodohan pada kenari jantan dan betina bisa sukses.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.