Cara Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Cara Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Pojok-vet.comCara , membantu kucing melahirkan merupakan suatu pengalaman yang menegangkan dan sekaligus menggembirakan apabila kucing dan anaknya selamat, tugas kita selanjutnya adalah bagaimana cara yang baru lahir tersebut. Walaupun induk kucing mempunyai naluri untuk merawat anak anaknya, tetap kita harus memperhatikan yang baru lahir supaya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Ide Nama-Nama Kucing Hitam Beserta Artinya

Hal yang paling penting dalam cara yang baru lahir adalah menjaga suhu agar tetap hangat, karena kucing yang baru lahir masih belum bisa beradaptasi terhadap suhu dingin. Selain suhu ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam cara baru lahir, berikut ini penjelasannya.

Cara baru lahir dan perlengkapannya

  1. Tempat tidur kucing atau “Kitty Bed”, kalo tidak ada bisa menggunakan kain handuk atau kain flanel, untuk alas supaya hangat.
  2. Lampu penghangat
  3. Botol susu kecil untuk kucing atau bisa menggunakan suntikan ukuran 1-3 cc (tanpa jarum)
  4. Susu KMR (Kitten Milk Replacer), disarankan susu kambing bubuk karena kandungan nutrisinya mendekati air susu kucing, untuk jaga-jaga apabila induk kucing tidak mau menyusui.

Cara yang baru lahir

Baca juga: Nama Kucing Nabi Muhammad (SAW) Rosul Islam Dan Arti Muezza

  1. Kucing baru lahir tidak bisa langsung beradaptasi dengan suhu dingin, oleh karena itu usahakan hal yang pertama kali dilakukan adalah memastikan tidak kedinginan.
  2. Beri lampu penghangat, untuk menjaga suhu supaya tetap hangat apalagi di musim hujan adalah cara yang tepat, karena kucing yang baru lahir tidak tahan dingin.
  3. Perhatikan ketika menyusu pada induknya, pastikan menyusu pada induknya, apabila induk tidak mau menyusui atau air susu belum keluar berilah KMR atau susu kambing.
  4. Jika lebih dari empat ekor, pasti ada salah satu kucing yang kalah saing berebut susu pada induknya, perhatikan yang kalah saing tersebut, bila perlu atur giliran, utamakan yang berat badannya lebih kecil.
  5. Catat berat badan setiap hari untuk mengetahui perkembangan berat badan kucing, apabila ada salah satu yang berat badannya tidak nambah, beri susu tambahan.
  6. Sediakan tempat yang agak luas untuk induk dan , untuk menghindari tergencet induknya.
  7. Apabila induk kucing tidak menjilati pantat kucing, Usaplah bagian pantat untuk membantu supaya kencing atau pup.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.