Penyebab dan Cara Mengobati Ear Mite Tungau Telinga

Penyebab dan Cara Mengobati Ear Mite Tungau Telinga
Pojok-vet.com atau adalah spesies sejenis tungau atau kutu yang sering menyerang telinga kucing. Spesies tungau Otodectes cynotis sering menyebabkan . Tungau  hidup dipermukaan saluran telinga tetapi kadang ditemukan di bagian tubuh kucing yang lain dan dapat menyebabkan penyakit kulit.

sangat mengganggu, terasa sangat gatal dan bisa membuat iritasi pada telinga kucing. dan apabila dibiarkan dapat terjadi  infeksi Sekunder. Jika tidak segera ditangani bisa berlanjut menjadi berbagai macam penyakit serius pada kucing, bahkan bisa membuat tuli.

Baca juga: Tips Cara Burung Cendet Juara Lomba

tidak merusak gendang telinga tetapi justru infeksi sekunder lah yang menyebabkan rusaknya gendang telinga kucing. Infeksi sekunder disebabkan oleh bakteri atau jamur. Bila terjadi infeksi pada telinga bagian dalam dapat berakibat kucing akan kehilangan keseimbangan dan gangguan syaraf lainnya. Jadi lebih baik pencegahan dari pada mengobati, sebelum terjadi infeksi sekunder maka rajin-rajinlah membersihkan telinga kucing secara rutin, bila kucing kita terkena Ear mites hubungi dokter hewan dan segera obatidengan Obat Kucing Ear Miticide.

Tanda-tanda kucing yang terserang

  1. Sering Menggoyang-goyangkan  atau menggeleng-gelengkan kepala.
  2. Menggaruk dan Mencakar telinga sehingga terdapat luka atau kemerahan di sekitar telinga.
  3. Kotoran telinga kucing berwarna coklat tua dan agak kehitaman serta kering menyerupai serbuk kopi.
  4. Kadang-kadang terihat kerak kering di sekitar telinga kucing bagian dalam.
  5. Biasanya menyerang telinga, kaki, dan ujung ekor kucing
  6. Ditemukan adanya pada telinga kucing dengan cara mengambil exudate telinga dan letakkan pada permukaan gelap kemudian lihat apabila ada titik-titik putih menjauhi exudate, berarti kucing anda terkena .

Penyebab kucing bisa tertular

mudah sekali menular dan menyebar melalui kontak fisik. Oleh karena itu pengobatan harus dilakukan menyeluruh terhadap semua kucing yang ada di rumah. Induk kucing yang terkena akan menularkan penyakit ini pada anak kucing nya.

Baca juga: Tips Cara Membuat Burung Cendet / Pentet Agar Cepat Gacor

Selain menyerang kucing, juga dapat menyerang Anjing, kelinci, marmut, , hamster, tikus, gerbil, musang, mencit,  dan hewan lainnya. tidak menular & menyebabkan penyakit kepada manusia, tetapi terkadang bisa menyebabkan gatal – gatal pada kulit manusia.

Pengobatan

dapat dibasmi dengan obat suntik dan obat tetes telinga. Obat sudah banyak tersedia di apotik dan pet shop Obat suntik biasanya hanya ada pada dokter hewan, tetapi terkadang ada juga pet shop yang sudah menyediakan obat suntik ini, tetapi lebih baik diobati oleh dokter hewan atau yang ahlinya. obat suntik yang digunakan untuk mengobati   biasanya golongan avermectin, ivermectin, selamectin. Untuk menghentikan siklus hidup tungau, pengobatan dengan obat suntik harus diulang setelah 2 minggu.

Obat tetes telinga dapat dengan mudah didapat di pet shop. Obat  tetes harus rutin diberikan selama 2-4 minggu sampai semua hilang. obat tetes telinga kekurangannya hanya dapat membasmi ermite pada telinga kucing saja, apabila terdapat pada bagian tubuh kucing lainnya lebih baik mneggunakan obat suntik untuk pengobatan secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Membersihkan Telinga Kucing dari Kotoran

pada bagian tubuh selain telinga dapat dibasmi dengan menggunakan obat tetes anti ektoparasit yang diteteskan di punggung atau pangkal leher atau di tubuh kucing lainnya yang tidak bisa dijilat oleh kucing.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.