Cara Memelihara Burung Hantu Bagi Pemula

Cara Memelihara Burung Hantu Bagi Pemula

Pojok-vet.com – Sebutan berasal dari kebiasaannya yang dianggap menyeramkan. Jenis burung ini memang aktif di malam hari. Terlebih lagi dengan banyaknya mitos mengenai pertanda kematian menjadikan hewan ini memiliki sebutan hantu. Berbeda dengan jenis lainnya, hewan tersebut memiliki bentuk wajah dan mata yang sedikit menakutkan jika diamati. Namun walaupun begitu, sekarang telah banyak para peminat yang memeliharanya sebagai hewan peliharaan.

Baca juga: Makanan Burung Hantu Untuk Semua Spesies Lengkap

Terlebih lagi dengan berbagai keunikan serta keistimewaan yang menjadi daya tariknya. Bagi para pemula, ada beberapa cara yang tepat dan benar. Anda dapat menyimak ulasan berikut ini lebih jelasnya.

Cara Dengan Tepat Untuk Pemula

  1. Memelihara hewan peliharaan bukanlah hal mudah. Apalagi jika anda tidak mengetahui apa-apa mengenai hewan tersebut. Seperti halnya memelihara jenis hewan satu ini. Hal tersebut bisa dibilang lumayan sulit. Apalagi hewan tersebut mudah mengalami stress dan kemudian mati. Oleh karena itu, memeliharanya diperlukan bekal pengetahuan bagaimana cara untuk dengan tepat. Khususnya bagi para pemula. Ada berbagai macam manfaat didapat jika berhasil memeliharanya dengan baik. Seperti menjadi teman anda selama dirumah, membantu mengusir hama tikus di sawah. Bahkan dapat dibudidayakan kemudian diperjual belikan. Mengingat banyaknya peminat hewan tersebut saat ini.
  2. Memelihara hewan jenis ini sebaiknya dilakukan sejak masih anakan. Anakan akan lebih mudah dilatih juga dijinakkan tentunya. Selain itu, anda juga tidak kesulitan dalam memberikannya makanan. Anakan hanya memerlukan pakan serangga seperti jangkrik misalnya. Harga membeli anakan pun terbilang lebih terjangkau. Dibandingkan anda harus membelinya setelah dalam keadaan dewasa. Harga tentu akan lebih mahal.

    Baca juga: Ciri Khusus Burung Hantu Yang Harus Anda Ketahui

  3. Dalam memeliharanya anda harus memperhatikan tempat yang ditinggalinya. Hewan satu ini mudah mengalami stress. Jadi sebaiknya jangan dikurung didalam sangkar. Cukup buatkan tempat agar dia dapat bertengger. Jika harus menggunakan sangkar, maka sangkarnya harus besar dan
    luas. Jangan sampai mengalami stress karena dikurung dalam sangkar dengan ruang gerak yang sempit.
  4. Selanjutnya adalah dengan memberikan kasih sayang padanya ketika memeliharanya. Hal ini membantu proses penjinakkan dengan lebih mudah. Kasih sayang tersebut dapat ditunjukkan dengan cara mengelus kepalanya lembut. Lebih sering dilakukan tentu lebih baik. Namun lihat juga bagaimana reaksinya apakah nyaman atau tidak. Mengelus kepalanya sering-sering akan membuatnya lebih akrab serta lebih mengenal pemiliknya.
  5. Dalam memelihara jenis hewan ini juga jangan menjemurnya di bawah matahari. Apalagi spesies ini aktif di malam hari. Apapun dilakukan pada malam hari. Jika matahari atau cuaca sudah mulai panas, maka sebaiknya bawa burung anda ke tempat teduh.
  6. Hal terpenting dalam merawatnya adalah tetap merasa tenang. Jangan sampai anda merasa panik dan kemudian membuatnya mengalami stress. Hal tersebut bisa berdampak hingga tidak mau makan. Bagi pemula, dapat melindungi diri dengan sarung tangan atau semacamnya agar tidak digigit. Sehingga bisa lebih tenang menghadapi tersebut.
  7. Cara selanjutnya dengan mematikan lampu di malam hari karena hewan ini aktif di malam hari. Selain itu jangan lupa melakukan komunikasi sesering mungkin dan juga menganggapnya sebagai sahabat anda. Itu akan membuatnya merasa nyaman serta membuatnya semakin senang bersama anda tentunya.
  8. Poin penting cara untuk juga terletak pada memberinya makanan. Jangan sampai diberikan makanan sembarangan. Sangat penting memperhatikan gizi atau kandungan protein dalam makanannya. Anda dapat memberikan makanan untuk semua spesies dari burung ini. Seperti jenis celepuk dapat diberikan makanan jangkrik atau ikan kecil.

Baca juga: Cara Merawat Burung Hantu Celepuk Dengan Benar

Itulah beberapa cara yang tepat bagi para pemula. Mungkin bagi yang sebelumnya belum pernah memelihara burung akan merasa kesulitan. Apalagi membutuhkan cara merawat lebih telaten, sabar dan lebih sulit dibandingkan lainnya. Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi bermanfaat bagi anda yang masih awam mengenai cara merawat jenis burung ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.