Menjaga Kesehatan Mental Burung Kicauan

Menjaga Kesehatan Mental Burung Kicauan

Pojok-vet.com – Memiliki kicauan yang selalu rajin berkicau tentunya sangat menyenangkan. Menikmati alunan suara sambil minum teh di pagi atau sore hari merupakan kegiatan pelepas stress. Namun tidak selamanya kicauan kita rajin berbunyi. Terkadang malah diam dan macet.

Alhasil tak ada suara nyaring andalan yang selalu kita tunggu suaranya. Nah, berikut ini beberapa tips dasar berkaitan dengan menjaga kesehatan mental supaya tidak mudah stress dan minder. Dengan kesehatan mental yang baik, diharapkan tidak gampang ngambek untuk berkicau.

Baca juga: Keuntungan Memelihara Kenari Sebagai Burung Kicauan

Merawat Kicauan Membentuk Mental Juara Kicauan

1. Biasakan untuk mengubah posisi gantungan sangkar kicauan. Letakkan di tempat yang ramai dan sering dilewati orang. Hal yang harus diperhatikan adalah menaruh pakan tetap pada tempatnya. Jadi posisi pakan tetap seperti biasa, hanya letak sangkar yang dipindah.

2. Usahakan untuk selalu menjaga posisi maupun bentuk tempat tenggeran . Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan selalu nangkring ditempat yang telah dikenalnya.

3. Sering meletakkan sangkar kicauan bersebelahan dengan sangkar yang lain. Hal ini untuk membiasakan siap mental saat bertemu dengan lain.

4. Ada kalanya saat anda bepergian kicau kesayangan kita juga diajak. Dengan catatan tempat yang akan dikunjungi tidak terlalu jauh. Misal maen ke tempat tetangga, bila tidak merepotkan bisa dibawa. Sekalian mempertemukan dengan lain.

Baca juga: Tips memilih bakalan burung kicauan

5. Berikan burung pasangan untuk sparing partner. Beli burung yang akan digunakan untuk melatih mental kita tersebut. Cari burung dengan kualitas mental ayng lemah. Tujuan hal ini adalah untuk menaikkan mental burung kesayangan kita agar menjadi lebih berani dan meningkat rasa percaya dirinya. Diharapkan burung dapat berkicau lebih baik dan lebih sering.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.