Cara Merawat Kelinci yang Menderita Penyakit Kudisan

Cara Merawat Kelinci yang Menderita Penyakit Kudisan

Merawat meliputi berbagai hal yang berkaitan dengan hewan lucu tesebut. Menjaga kebersihan kandang dan juga adalah beberapa hal dasar yang wajib dilakukan. Kesehatan juga harus selalu dipantau, bila terlihat lesu atau tidak mau makan segera beri penanganan untuk mengatasi masalah. Penyakit ada bermacam – macam.

Baca juga: Ciri-Ciri dan Cara Merawat Burung Merak Hijau Betina

Salah satunya yang sering menyerang adalah penyakit kulit. Penyebab penyakit kulit pada bisa jadi karena kutu, parasit ataupun penyebab lainnya. Scabies atau kudis adalah contoh penyakit kulit pada yang disebabkan oleh sarcoptes scabei.

Penyakit ini akan menyebabkan gatal pada kulit dan timbul luka atau keropeng. Berikut ini beberapa cara merawat yang terkena penyakit kudisan.

Merawat Berpenyakit Kudisan

1. Pisahkan yang terserang penyakit kudisan atau scabies. Kemudian cukur bulu tempat adanya lesi. Cuci luka pada kulit tersebut menggunakan air hangat. Kemudian keringkan menggunakan handuk atau kain lap.

2. Beri terapi pengobatan pada luka akibat penyakit kudis tersebut. Gunakan salep kulit yang mengandung belerang sesuai dengan dosis tertera. Lakukan pengobatan tersebut secara rutin hingga penyakit kudisan pada hilang.

3. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan adalah sanitasi kandang. Bersihkan selalu kandang dengan menyemprotkan desinfektan. Setelah dilakukan penyemprotan ada baiknya bila kandang dijemur dibawah terik matahari. Kandang perlu dibiarkan kosong selama beberapa hari untuk menjaga kontaminasi bakteri ataupun agen penyebab penyakit. Sebagai tambahan, selalu gunakan alas kering untuk kandang . Berikan segenggam rumput kering untuk alas toiletnya. Ganti alas tersebut secara rutin agar selalu terjaga kebersihannya dan kandang tidak bau.

4. Bila penyakit masih berlanjut, segera hubungi dokter hewan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Ketahui Keistimewaan Burung Hantu Bubo

Demikian sedikit tips dan cara merawat agar terhindar dari penyakit kudisan atau scabies. Semoga bermanfaat

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.