Kapan dan Berapa Lama Kacer Mabung

Kapan dan Berapa Lama Kacer Mabung

Tahukah Anda, kapan dan berapa lama ? Pertanyaan ini biasanya akan dilontarkan oleh Kacer mania pemula, tapi terkadang orang awam juga sering menanyakan hal seperti ini. Tapi perlu Anda ketahui, proses mabung ini tidak hanya terjadi pada Kacer saja, melainkan pada jenis kicau lainnya seperti, Murai Batu, Lovebird, Anis, dan beberapa jenis kicau lainnya.

Baca juga: Inilah Cara yang Ampuh Agar Burung Kacer Gacor

Karena saking seringnya seekor mabung, maka proses mabung ini dijadikan sebagai proses alami pada . Tapi ingat, walaupun ini proses alami, Anda juga harus tetap memberikan ini perawatan khusus. Selain untuk kesehatan itu sendiri, perawatan ini juga berguna untuk mempercepat proses mabung.

Kapan dan Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Kacer Untuk Mabung

Kapan dan Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Kacer Untuk Mabung?

Sebenarnya, kapan dan berapa lama waktu itu relatif. Artinya, masa dan waktu mabung seekor Kacer dengan Kacer lainnya tidaklah sama. Tapi yang jelas, setiap Kacer pasti akan mengalami mabung. Pasalnya, tanpa melewati fase ini, mereka tidak akan bisa tumbuh dan berkembang menjadi dewasa. Selain menjadi acuan masa pertumbuhan Kacer, mabung juga sering dijadikan sebagai patokan sudah dewasa atau tidaknya seekor Kacer.

Baca juga: Tips Beternak dan Merawat Burung Lovebird

Berikut adalah waktu dan lamanya durasi mabung untuk setiap , termasuk Kacer yang Anda miliki:

1. Fase mabung yang pertama terjadi saat Kacer masih piyik hingga 3 bulan ke depan. Fase ini adalah fase dimana terjadi pergantian dari bulu piyik ke bulu trotolan.
2. Fase berikutnya terjadi pada 3 bulan setelahnya, atau lebih tepatnya saat usia Kacer menginjak 6 bulan. Fase ini adalah fase dimana pergantian dari bulu trotolan ke bulu yang lebih kuat, atau bulu dewasa.
3. Pada rentang usia 6-8 bulan, seekor Kacer umumnya akan menjalani masa normal, tanpa proses mabung.
4. Setelah usianya menginjak 12-15 bulan, Ia akan menjalani masa mabung kedua, yang berarti menandakan bahwa ini telah dewasa atau telah siap untuk berkembang biak.

Itulah fase mabung yang biasanya dijalani oleh Kacer. Sedangkan untuk kapan dan berapa lama , itu semua tergantung pada perawatan dan pelatihan yang Anda berikan.

Baca juga: Ciri-Ciri dan Cara Merawat Burung Merak Hijau Betina

Jadi, jika Anda memberikan perawatan dan pelatihan yang baik, maka masa mabung yang akan terjadi pada Kacer pun akan lancar, dan begitu pun dengan sebaliknya. Semakin buruk perawatan yang Anda berikan, maka semakin tidak teraturlah masa mabung yang dijalani Kacer.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.