Penyebab dan Solusi Kacer Ngeriwik Saat Kontes

Penyebab dan Solusi Kacer Ngeriwik Saat Kontes

Terkadang, yang membuat kesal mania saat lomba adalah apabila saat lomba yang Ia bawa diam saja, atau hanya ngeriwik saja. Ya bagaimana tidak kesal, setelah kita rawat dan latih sedemikian rupa, ternyata saat kontes Ia Cuma ngeriwik doang.

Nah sudah barang tentu menjadi masalah besar untuk pemilik tersebut. Pasalnya, selain karena potensi juara menghilang, hal ini juga menyebabkan perawatan yang Ia lakukan untuk tersebut sia-sia.

Baca juga: Mengenal Kacer Madagaskar dan Ciri-cirinya

Bagaimana tidak merugi, wong kita sudah jor-joran merawat tersebut, tapi saat kontes Ia Cuma ngeriwik saja. Terlepas dari itu semua, sebenarnya tahukah Anda apa penyebab ngeriwik? Dan bagaimana pula solusi untuk mengatasi hal ini?

Beberapa Penyebab dan Solusi Ngeriwik

Penyebab dan Solusi Kacer Ngeriwik Saat Kontes (1)

Perlu Anda ketahui, sebelum Anda menentukan solusi untuk masalah ini, ada baiknya Anda tahu dulu apa penyebab dari masalah ini. Selain untuk mencegah masalah ini datang lagi, hal ini juga berguna untuk menentukan solusi apa yang kita perlukan untuk mengatasi masalah ini.

Anda tentu tidak mau bukan kesayangan Anda sakit karena penanganan yang salah? Maka dari itu, bijaklah dalam memilih solusi yang tepat untuk mengatasi setiap masalah , begitu pun untuk masalah ngeriwik ini.

Nah adapun solusi yang tepat untuk ngeriwik adalah sebagai berikut:

1. kurang beradaptasi dengan lingkungan

Penyebab ini adalah salah satu penyebab yang umumnya mengakibatkan hal semacam ini. Untuk mengatasi ngeriwik dengan penyebab seperti ini, Anda perlu melakukan penanganan sebagai berikut:

Baca juga: Adaptasi Lingkungan untuk Kacer yang Baru Dibeli

a. Tempatkan di tempat yang nyaman dan ideal.
b. Jauhkan sangkar dan kandang dari pusat keramaian.
c. Pilihlah lingkungan sekitar kandang yang nyaman untuk .
d. Pilih juga sangkar yang cocok dan idela untuk .

2. masih liar

Hal seperti ini juga menjadi penyebab utama seekor ngeriwik. Namun untuk mengatasi hal ini sebenarnya cukup mudah. Pasalnya Anda hanya perlu malakukan beberapa hal sebagai berikut:

a. Jinakan sebelum Anda mulai untuk melatih vokalnya.
b. Lakukanlah proses pengredongan sangkar selama 7 hari semalam masa penjinakan.
c. Berikan Ia sumber pakan alami, seperti jangkrik, ulat, dan beberapa pakan alami lainnya.
d. Setelah tersebut jinak, maka lanjutkan dengan pelatihan vokal dan menatal .

3. Kacer merasa terganggu dengan keberadaan kacer lain.

Penyebab lainnya adalah karena kacer ini terganggu dengan kacer lain. Maka dari itu, saat Ia melihat kacer lain di dekatnya, maka Ia pun akan enggan berkicau. Tapi tenang, hal seperti dapat diatasi dengan cara-cara sebagai berikut:

a. Jauhkan setiap sangkar kacer.
b. Pilihlah ruang yang lapang dan cukup untuk penempatan sangkar kacer yang berjauhan.
c. Jika kacer sudah mulai tidak ngeriwik, maka cobalah untuk mendekatkan tiap sangkar tersebut secara berkala. Hal ini selain untuk menghilangkan kebiasaan ngeriwik, juga untuk menghilangkan mentak rendah yang dimiliki kacer tersebut.

Baca juga: Kapan dan Berapa Lama Kacer Mabung

Nah, itulah beberapa penyebab dan solusi . Jika Anda memiliki kacer dengan kasus yang sama, yaitu ngeriwik, Anda bisa menerapkan solusi di atas untuk mengatasi permasalahan pada kacer yang Anda miliki.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.