Informasi Seputar Burung Kacer Hitam

Informasi Seputar Burung Kacer Hitam

Hitam sedikit berbeda dengan Poci atau dada putih. ini (hitam) memiliki bulu dengan dominasi warna hitam pekat yang mengkilat dengan guratan berwarna putih di bagian sayap.

Tidak sulit untuk mengenali ini karena ciri-cirinya yang sedikit berbeda dari kicau lainnya. Memiliki paruh yang lancip dan tajam dengan perawakan kurus panjang serta warna bulu hitam pekat.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Burung Kacer Bakalan / Anakan

sendiri tersebar di beberapa pulau di Indonesia diantaranya adalah, Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Bali dan Pulau Kalimantan.

Harga Hitam

Hitam tidak sebaik Putih sehingga harganya tidak begitu mahal. Di beberapa daerah, ini dihargai mulai dari Rp. 100 ribu hingga Rp. 300.000.
Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh ini diantaranya adalah suara kicaunya yang bisa diisi dengan berbagai jenis master.

Perawatan

Perawatan di mulai dari perawatan kandang atau sangkar yang harus dibersihkan setiap hari. Pada umumnya, anda harus menyediakan tempat untuk nangkring berupa ranting atau kayu, kemudian anda juga harus menyediakan makanan dan minuman di dalam kandang.
Idealnya, ukuran kandang berkisar antara 40 x 40 x 60 cm atau kandang bulat dengan diameter 40 atau 50 cm.

ini sangat menyukai makanan berupa binatang-binatang kecil seperti jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan lain-lain. Selain makanan tersebut, ini juga menyukai cacing dan para breeder biasanya memberikan voer untuk makanan harian.

Baca juga: Cara Menurunkan Birahi Kacer Yang Paling Jitu

Setting harian

a. Di mulai pada pagi hari, harus diangin-anginkan terlebih dahulu kurang lebih 15 hingga 20 menit sebelum dimandikan.
b. kemudian bisa dimandikan dengan metode keramba atau disemprot hingga basah kuyup.
c. Setelah itu, kemudian dijemur selama 1 (satu) hingga 2 (dua) jam sambil diberikan extra food atau makanan bergizi (ulat, jangkrik, kroto, dll).
d. Setelah dijemur, diangin-anginkan kembali kemudian disimpan atau diletakkan di tempat teduh.
e. sebaiknya dihindarkan dari pengkerodongan pada siang hari agar lebih mudah terbiasa dengan manusia.

Sifat

memiliki sifat petarung sehingga terkenal sebagai salah satu kicau yang agresif dan sulit untuk dijinakkan. Oleh sebab itu, sebaiknya anda meletakkan atau menggantung sangkar ini di tempat yang ramai agar lebih mudah dalam beradaptasi dengan manusia. Selain itu, tentu saja perawatan setiap hari yg baik yaitu dengan pemberian makan maupun mandi secara teratur dan rutin.

Masalah Hitam

Masalah umum yang sering ditemui adalah, menjadi mbagong atau sulit untuk dijinakkan dan menjadi galak.
Beberapa penyebab mengapa menjadi mbagong diantaranya adalah karena perawatan yang tidak teratur, pemberian extra food yang terlalu banyak sehingga menaikkan birahinya, atau karena stress dan sakit.

Baca juga: Istilah-Istilah Seputar Burung Kicau di Indonesia

Pakan Hitam

ini bisa diberi makanan berupa voer dan diberikan extra food berupa jangkrik, orong-orong, atau cacing, bisa juga kroto atau ulat hongkong.
Pemberian extra food sebaiknya tidak terlalu sering agar birahi tidak meningkat secara signifikan yang menyebabkan orang menjadi mbagong.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.