Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

adalah salah satu jenis kicau yang rajin berbunyi dan bisa diisi dengan berbagai suara atau master. Itulah alasan mengapa yang banyak tersebar di Pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Bali ini sangat disukai oleh para pencinta dan peternak .

Selain karena suaranya, ini juga terkenal memiliki mental yang cukup bagus, memiliki suara yang jernih dan perawatannya pun tidak terlalu sulit. Walau demikian, bukan berarti setiap orang bisa merawat . Adakalanya anda menemukan masalah saat perawatan. Beberapa masalah yang sering muncul pada kicau di antaranya adalah, berubah menjadi mbagong, kemudian ada juga macet bunyi.

Baca juga: Mengenal Burung Kacer Kalimantan

Khusus untuk masalah terakhir, yaitu, yang macet bunyi, apabila anda menemukan masalah tersebut, berikut adalah beberapa solusi yang bisa anda terapkan agar kembali rajin berkicau atau nggacor.

Mengenal Kacer Medan dan Ciri-cirinya (1)

Penyebab Macet Bunyi

Berikut adalah beberapa faktor yang melatarbelakangi mengapa bisa tiba-tiba berhenti berbunyi atau macet. Diantaranya adalah:

1. Karena mengalami stres yang disebabkan oleh perubahan lingkungan, atau karena lingkungannya yang terlalu berisik dan terlalu ramai, atau karena perlakuan setiap harinya.
2. Bisa juga disebabkan karena sakit.
3. macet bunyi karena kesalahan perawatan pada saat mabung atau pergantian bulu.
4. Dll.

Solusi untuk Mengatasi Kacer Macet Bunyi

A. Lingkungan yang baik

Mulailah dengan memperhatikan lingkungan tempat anda meletakkan sangkar , baik pada saat dijemur maupun pada malam hari. Apabila anda merasa bahwa lingkungan tersebut tidak cocok untuk ini, cobalah memikirkan alternatif lain tempat meletakkan yang lebih tenang dan lebih baik.

Baca juga: Tips Perawatan Agar Kacer Jawara Lomba

B. Perawatan Harian

Perawatan harian meliputi memandikan dan menjemur kemudian memberikan extra food (EF) .

Perawatan tersebut tidak boleh berubah terlalu ekstrim atau tidak boleh terlewatkan. Apabila anda merasa perubahan dalam perawatan harian terjadi, cobalah mengembalikannya ke kondisi semula agar tidak lagi malas berbunyi.

Solusi Khusus Mengatasi Macet Bunyi

1. Tempatkan burung di lingkungan tersendiri yang bebas dari burung-burung sejenisnya atau tidak terlalu berisik dengan suara kicau burung lain.
2. Pastikan kebutuhan vitamin, nutrisi dan lain-lain terpenuhi, baik itu menggunakan makanan extra berupa jangkrik, cacing, kroto dan lain-lain. Atau, anda juga bisa memberi burung tersebut makanan yang khusus diformulasikan untuk Kacer dan bisa ditemukan di toko-toko burung.
3. Cobalah mengkrodong kandang burung tersebut, kemudian perdengarkan audio selama beberapa hari untuk memancingnya agar bisa berbunyi kembali. Anda bisa mendownload beberapa jenis audio yang cocok untuk burung ini di internet.
4. Memancing suaranya dengan menggunakan buah-buahan. Salah satu buah yang dipercaya bisa mengembalikan kicau dari adalah buah pir (pear). Anda bisa memberikan terapi buat pear yang dicampurkan dengan kroto untuk mengembalikan stamina dan kebutuhan nutrisi burung tersebut.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Burung Kacer Bakalan / Anakan

Dalam beternak memang ada gampang dan ada susahnya, namun kesusahan itu nantinya akan hilang seiring dengan proses dan berjalannya waktu, karena sang penangkar akan semakin berpengalaman dalam hal merawat kacer.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.