Tips Penanganan Burung Kacer Mbagong

Tips Penanganan Burung Kacer Mbagong

yang mbagong terlebih dahulu harus dikenali apa penyebabnya, barulah kita bisa menerapkan solusi yang tepat agar tidak salah perawatan.

Diantara beberapa penyebab yang membuat menjadi mbagong adalah, disebabkan karena kondisi mental dari itu sendiri, kemudian, perawatannya yang tidak teratur atau salah, dan pemberian pakan tidak teratur juga bisa menyebabkan masalah ini muncul.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Burung Kacer Macet Bunyi

Kondisi Mental

Penyebab dan Solusi Kacer Ngeriwik Saat Kontes (1)

Pemberian beberapa makanan yang mengandung protein tinggi dapat menyebabkan ini menjadi over dalam hal birahi. Namun, terlalu sedikit pemberian extra food (EF) juga dapat menyebabkan masalah karena kurangnya nutrisi maupun vitamin yang dibutuhkan . Hal tersebut dapat menyebabkan mental menjadi jatuh dan malas untuk berkicau yang ujung-ujungnya juga bisa mbagong.

A. Perawatan Harian Tidak Teratur

Setiap hari, dimulai dari pagi hari, kita biasanya secara rutin akan mengangin-anginkan tersebut kemudian memandikannya, menjemur dan mengangin-anginkan kembali sebelum diistirahatkan. Apabila terdapat perubahan waktu dan proses tersebut, ternyata juga bisa berpengaruh sehingga menjadi mbagong.

Apabila anda merasa memberikan perawatan yang berbeda misalnya menjemur terlalu lama, lupa memberikan EF dan lain-lain, sebaiknya anda ingat-ingat kembali. Apabila hal tersebut memang menjadi salah satu penyebabnya, kembalikan ke-setingan semula agar tidak sembuh dari mbagong-nya.

B. Pemberian Pakan

Kesehatan tentunya sangat bergantung dari pemberian pakan yang kita terapkan setiap hari. Mulai dari makanan utama berupa voer berkualitas, kemudian makanan ekstra yang terdiri dari berbagai hewan kecil atau serangga seperti jangkrik, ulat hongkong (UH), kroto, dan lain-lain harus terpenuhi dan tidak boleh bolong-bolong memberikannya.

Baca juga: Ciri-Ciri Burung Kacer Trotolan Jantan dan Betina

Apabila anda menemukan masalah yang disebabkan oleh pemberian makanan extra yang tidak teratur. Misalnya, apabila stok habis, mungkin saja dapat menyebabkan tersebut bermasalah.

Menangani Mbagong

Mengenal Kacer Jawa dan Ciri-cirinya (1)

Setelah anda menemukan masalah yang menyebabkan mengapa mbagong, selanjutnya anda bisa menerapkan solusi dari ketiga saran diatas. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa alternatif solusi dalam menangani masalah mbagong.

1. Lingkungan Baru

Lingkungan baru seperti penggantian tempat atau sangkar atau tangkringan bisa saja menyebabkan ini bermasalah. Terlebih jika sudah merasa nyaman dan terbiasa dengan sangkarnya yang lama.

Jika anda mengganti sangkar, sebaiknya anda menyertakan juga tempat tangkringan yang mirip-mirip dengan yang ada di sangkar lama. Kemudian, cobalah untuk membuat beradaptasi kembali dengan lingkungan barunya.

2. Kelebihan Makanan Extra

Apabila selama ini anda merasa memberikan jangkrik, atau kroto, dan lainnya dalam jumlah yang terlalu banyak setiap hari, baik pagi dan sore hari, cobalah mengurangi jumlahnya atau anda juga bisa memberikan makanan ekstra di hari-hari tertentu saja (selang-seling).

Baca juga: Cara Mudah Merawat Burung Kacer Bakalan / Anakan

3. Tidak Mandi Secara Rutin

Tidak sedikit dari kita yang sibuk setiap hari, tidak hanya mengurus . Namun, ternyata apabila kita sudah memberikan sebuah setting-an harian, misalnya, mandi setiap pukul 07.30, dan pukul 15.30, kemudian kita melupakannya atau melewatkannya, bisa saja itu adalah pangkal masalah dan penyebab mbagong.

Untuk masalah ini, tentu tidak sulit menanganinya karena hanya membutuhkan pengembalian setting-an seperti biasanya. Mulai dari mengangin-anginkan , memandikan dan memberikan extra food di jam yang sama seperti biasa.

4. Kondisi Kesehatan

juga bisa sakit lho, entah itu karena kandangnya yang jarang dibersihkan, atau memang sedang tertular penyakit tertentu. Apabila anda mengamati anda setiap hari mulai dari warna dan bentuk tahinya, perubahan-perubahan kecil pada sikapnya, semua harus anda perhatikan.
Apabila terdapat indikasi seperti diare atau mencret, terlebih karena anda memberikan makanan baru untuk tersebut, bisa saja menyebabkannya drop dan stres. Apabila sakit karena pemberian makanan baru, sebaiknya anda menghentikannya.

5. Stres

Faktor penyebab burung menjadi stres diantaranya adalah: bosan, terlalu sering dikerodong atau karena perubahan lingkungan yang tiba-tiba, dll.

Banyaknya penyebab stres pada burung, mulai dari, tempat yang terlalu berisik dan membuatnya sulit beristirahat, atau penanganan yang salah bisa saja menjadi sumber masalah.

Jadi, pandai-pandailah dalam membaca situasi, mulai dari perubahan lingkungan, kondisi lingkungan apakah itu ramai atau berada di tempat yang berisik, dll.

Baca juga: Cara Jitu Merawat Burung Kacer Harian

Solusi untuk masalah burung stres, sebaiknya anda sering membuka kerodong burung apabila burung selama ini terlalu banyak dikerodong.

Jauhkan dari keramaian atau tempat tempat yang berisik apabila anda sering menaruhnya di tempat yang lingkungannya kurang bersahabat.

 

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.