Cara Memandikan Kucing Persia Supaya Bulunya Tidak Rontok

Cara Memandikan Kucing Persia Supaya Bulunya Tidak Rontok

Pojok-vet.com – Memandikan adalah salah satu upaya dalam perawatan supaya terjaga kebersihan dan kesehatannya, yang bersih akan terhindar dari penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit seperti kutu atau tungau, jamur, bakteri dan parasit lainnya. Minimalnya dimandikan setidaknya satu bulan sekali. Apalagi jika yang kita pelihara jenis yang berbulu panjang seperti , minimalnya 2 minggu sekali harus dimandikan. Cara memandikan perlu cara tersendiri.

memerlukan perawatan khusus, selain memberi makanan terbaik untuk yang di jelaskan pada artikel Cara Memberi Makan Kucing, memandikan pun sangat penting. dan lainnya yang berbulu panjang sangat rentan terhadap serangan jamur dan parasit lainnya dibandingkan dengan yang berbulu pendek. Berikut ini akan dijelaskan cara memandikan  dan perlengkapan yang diperlukan.

Baca juga: Cara Memberi Makan Kucing Yang Baik dan Sehat

Dalam memandikan sebaiknya dilakukan sepaket dengan membersihkan seluruh bagian tubuh seperti, membersihkan telinga , silahkan lihat artikel mengenai “Cara Membersihkan Telinga “. selain telinga, kuku pun harus dibersihkan sekaligus digunting. Untuk melakukan proses memandikan diperlukan beberapa perlengkapan untuk mempermudah proses, berikut ini perlengkapan yang diperlukan untuk memandikan .

Perlengkapan Untuk Memandikan

  1. Sisir khusus untuk
  2. Shampo Khusus
  3. Handuk atau kanebo besar
  4. Gunting
  5. Sikat gigi
  6. Perlengkapan membersihkan telinga
  7. Blower atau Alat pengering, bila tidak ada bisa menggunakan hair dryer atau pengering rambut
  8. Ember atau bak air
  9. Sikat karet

Cara Memandikan

Sebelum dimandikan, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam proses memandikan , karena berbulu panjang,  maka harus disisir terlebih dahulu supaya bulu bulu mati yang menempel yang menyebabkan gimbal dapat terangkat, lakukan penyisiran dengan perlahan dari arah kepala ke pangkal ekor begitu juga sebaliknya. Selain harus disisir bulunya ada beberapa tahapan lainnya sebelum memandikan berbulu panjang ini. Berikut ini beberapa tahapan cara memandikan .

Baca juga: Cara Merawat Anak Kucing & Tips Memandikannya

  1. Bersihkan telinga terlebih dahulu, jangan membersihkan telinga setelah memandikan , untuk menghindari kotoran menempel pada bulu kucing yang sudah bersih.
  2. Menyisir seluruh bulu dari kepala sampai ujung ekor, bila ada bulu gimbal pada kucing, bersihkan bulu yang gimbal bila perlu gunting apabila bulu gimbal susah untuk di rapihkan.
  3. Setelah membersihkan telinga dan menyisir bulu, baru ketahap memandikan, sebaiknya mandikan kucing dengan menggunakan air hangat. Siram perlahan menggunakan gayung atau shower sampai bulu kucing basah seluruhnya, jangan sampai air masuk ke telinga kucing, bila belum terbiasa bisa dengan menyumpal telinga kucing dengan kapas.
  4. Setelah basah seluruhnya bisa mulai menggunakan shampo, apabila bulu dan kulit kucing sangat kotor atau terdapat lemak yang berlebihan, sebelum menggunakan shampho khusus kucing, bisa menggunakan sabun cair untuk cuci piring yang berbahan lemon, untuk membersihkan lemak dan kotoran membandel. Bersihkan dan sikat pada bagian telapak kaki kucing dengan sikat gigi.
  5. Lalu siram kucing untuk membersihkan shampo sampai bersih, apabila kucing tidak berontak, rendam kucing di bak air untuk membersihkan shampo secara maksimal.
  6. keringkan kucing dengan menggunakan handuk, sebaiknya menggunakan kanebo karena tinggi daya serapnya,
  7. Keringkan dengan menggunakan Blower atau hair dryer sampai bulu benar-benar kering. Apabila kucing takut dengan blower, lakukan pengeringan pada kandang kecil atau pet cargo, jangan dipaksakan, lakukan pengeringan kucing dengan perlahan karena kucing akan stres.
  8. Gunting bulu kucing pada telapak kaki kucing sampai telapak kaki kucing tidak tertutup bulu.

Memandikan sebaiknya dilakukan secara rutin, selain menjaga kebersihan dan kesehatan kucing, memandikan kucing juga merupakan salah satu upaya dalam mengontrol kondisi bulu dan kulit kucing apakah terdapat parasit atau tidak. Demikian penjelasan dalam cara memandikan , mudah mudahan bisa bermanfaat buat teman2 cat lovers yang belum pernah mencoba memandikan kucing sendiri. Namun apabila tidak mempunyai waktu dalam memandikan kucing, sudah banyak yang membuka jasa memandikan kucing dengan harga yang relatif.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.