Cara Membersihkan Telinga Kucing dari Kotoran

Cara Membersihkan Telinga Kucing dari Kotoran

Pojok-vet.com – Membersihkan telinga merupakan rutinitas yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan telinga dan mencegah tungau telinga atau , atau infeksi bakteri dan jamur pada kotoran yang menyumbat telinga . Cara Membersihkan telinga itu gampang gampang susah, kebanyakannya tidak suka dipegang telinganya karena telinga merupakan salah satu bagian yang sensitif dari . Walaupun agak sulit tetap harus dilakukan, jangan tunggu kita terkena infeksi telinga atau radang telinga pada . Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membersihkan telinga dan perlengkapan yang harus disiapkan.

Baca juga: Cara Merawat Anak Kucing Yang Baru Lahir

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk cara membersihkan telinga yang benar yaitu :

  • Sarung tangan, usahakan menggunakan sarung tangan bisa yang terbuat dari plastik atau karet.
  • Cotton buds, cari yang ukurannya tidak terlalu besar.
  • Kapas dan Tissue
  • Cairan pembersih telinga, atau Obat tetes telinga untuk untuk cara membersihkan telinga yang sudah terkena infeksi dan .

Perlengkapan untuk cara membersihkan telinga

Cara Membersihkan Telinga

  1. Pegang dan posisikan di meja atau pangkuan kalo tidak mau diam balut dengan handuk
  2. Pastikan anda menggunakan sarung tangan
  3. Lipat telinga sampai bagian dalam telinga terlihat
  4. Teteskan cairan pembersih telinga 1 -3 tetes
  5. Tunggu 15 – 20 detik, lalu pijit bagian belakang telinga perlahan-lahan supaya cairan pembersih merata
  6. Lap kotoran pada telinga bagian luar denga kapas atau tissue, lalu bersihkan kotoran pada lekukan telinga bagian dalam secara perlahan dengan cotton bud.
  7. Hati-hati pada saat membersihkan menggunakan cotton bud, jangan terlalu keras dan jangan terlalu dalam mengorek kotorannya agar telinga tidak iritasi atau terluka
  8. Bila berontak hentikan sesaat sampai tenang kembali.
  9. Usahakan membersihkan di tempat yang terang, sampai terlihat telinga bagian dalam.
  10. Bersihkan telinga secara bertahap, bisa dilakukan setiap hari sampai kotoran bagian dalam keluar dan mudah untuk dibersihkan.

Baca juga: Ide Nama-Nama Kucing Hitam Beserta Artinya

Cara membersihkan dengan benar secara rutin dapat mencegah kucing terkena  dan otitis radang telinga pada kucing. Tapi ingat lakukan dengan hati-hati dan perlahan supaya bagian dalam tidak iritasi atau luka. Apabila kucing anda sering menggaruk telinga dan bulu kucing sekitar telinga tipis atau rontok segera beri obat tetes telinga atau segera konsultasikan ke dokter hewan untuk didiagnosa, ada kemungkinan kucing anda terkena . Dan apabila kucing sering menggeleng-gelengkan kepalanya dan terlihat kesakitan pada bagian telinga serta terdapat cairan bau pada bisa dipastikan kucing anda menderita otitis radang telinga pada kucing.

Bersihkan secara rutin sekitar 2 – 4 minggu sekali atau bersihkan ketika terlihat ada kotoran. Mudah-mudahan artikel cara membersihkan  diatas dapat bermanfaat.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.