Macam-macam Jenis Burung Kenari yang Perlu Kamu Ketahui

Macam-macam Jenis Burung Kenari yang Perlu Kamu Ketahui

Pojok-vet.com atau dalam bahasa inggris disebut Canary ini adalah salah satu jenis burung kicau yang sangat digemari oleh kicau mania khususnya kenari mania. memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri dibanding burung kicau lainnya. Burung ini memiliki keunggulan pada bentuk tubuhnya yaang mungil, keindahan warnanya, serta kicauannya yang begitu merdu.

Selain itu termasuk salah satu jenis burung yang cocok untuk diperlombakan, dan saat ini sudah banyak diadakan perlombaan di Indonesia. Suara yang begitu merdu tentu hal ini yang menjadikan banyak orang terpesona, oleh karena itu saat ini telah menjadi sebuah primadiona yang harganya cukup stabil dari harga kenari yang paling murah sekitar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Baca juga: Fakta Unik tentang Burung Kenari dan Sejarahnya

Sejarah

Pada awal pertama ditemukannya yaitu berada di kepulauan yang bernama Canary letaknya di daratan bagian timur laut Afrika, bisa anda baca pada artikel kami sebelumnya tentang fakta unik dan sejarah . Sampai saat ini menjadi burung yang sangat populer di Indonesia bahkan di dunia. Melihat burung satu ini yang gemar menyanyi dengan suaranya yang merdu tentu menjadikan pemiliknya merasa bangga telah memilikinya. Kicauannya membuat hati lebih sejuk dan nyaman, karena kicauannya tidak kasar tapi terkesan lembut. Oleh karena itu, wajar saja bila menjadi burung favorit yang digemari oleh para pecinta burung (kicau mania).

sangat cocok sebagai burung kontes karena burung ini mampu menirukan suara burung jenis kenari lainnya, seperti burung , norwich, fancy, gloster, london, lanchasire, dan lain sebagainya. bisa dibilang burung yang cantik karena ada banyak variasi warna dari burung ini, mulai dari warna kuning, hijau, merah, dll, sehingga sangat cocok sebagai teman di dalam rumah.

Selain sebagai hobi, burung ini juga memiliki prospek yang bagus untuk kedepannya, dilihat dari segi bisnis ternyata budidaya cukup menjanjikan jika melihat selama ini terus populer dan menjadi primadona. Selain itu dilihat dari harganya yang cenderung stabil, maka tentu penggemar burung ini akan semakin banyak. Berternak kenari juga merupakan salah satu kegiatan yang akan mengawali kesuksesan anda dalam dunia bisnis ternak kenari, mungkin anda yang berinisiatif untuk memuali beternak kenari, maka kami kasih sedikit tips tentang cara ternak bagi pemula.

Jenis-jenis

sangat cocok dijadikan sebagai hobi dan menjadi teman kita karena selain tampilannya yang cantik dan menawan, juga sering kali berkicau, dan kicauannya itulah yang menjadikan rumah terasa lebih ramai. memiliki banyak varian warna yang disebut dengan istilah Serinus Canaria. Adapun macam-macam jenis mulai dari Yorkshire hingga Belgia bisa anda simak berikut ini:

1.

Kenari ini merupakan kenari dari hasil persilangan antara kenari Lanchasire dengan . Kenari jenis ini digambarkan mirip seperti wortel karena melihat bentuk dadanya hampir mirip dengan wortel yang dibalik. Kenari ini termasuk burung yang selalu berdidri tegap serta memiliki kaki yang panjang dibanding kenari jenis lainnya. Panjang dari yorkshire sekitar 16 centi meter, dan biasanya dalam perlombaan, burung ini dinilai dari keindahannya. Kenari ini juga bisa dibilang harganya lebih mahal dari kenari jenis lain.

Baca juga: Ciri-ciri Burung Kenari Yorkshire Inggris yang Bagus

2.

sumber: skyrock.net

Pada mulanya kenari jenis ini dibawa ke daratan inggris oleh para penenun dari bangsa Flam, tepatnya di kota Norwich karena menghindari pembantaian oleh bangsa Spanyol. Burung memiliki ciri-ciri yaitu bentuk tubuhnya agak bulat, serta memiliki bulu yang agak tebal. Bentuk dadanya lebih lebar serta punggungnya yang pendek dan lebar, dan sayapnya lebih pendek. Kenari jenis ini warnanya yang paling banyak ditemui adalah warna hijau.

3.

sumber: Marylandexoticbirds.com

Burung kenari jenis ini terdapat di daratan antara Inggris dan Skotlandia. Kenari ini berasal dari Cumberland Facy yang juga tedapat di daerah perbatasan atau Border. Ciri khas pada burung kenari jenis ini saat perlombaan yaitu bentuk tubuhnya yang bulat.

4.

sumber: Dreamstime.com

Burung kenari jenis ini bentuk tubuhnya berukuran tidak melebihi 11 centi meter. Dan biasanya dalam ajang perlombaan, tubuhnya tidak boleh lebih dari 11 centi meter. Ciri-ciri yang mencolok pada burung ini adalah warna bulunya yang kuning, serta sayapnya yang agak kehijau-hijauan, serta warna ekor yang putih. Burung ada juga yang memiliki jambul, dan itu disebut dengan Corona, sedangkan yang tidak memiliki jambul disebut dengan Consort.

5.

Burung termasuk salah stau jenis kenari yang paling banyak digemari oleh kenari mania. Burung ini termasuk kenari yang berketurunan dari kenari jerman, dan telah banyak dibudidayakan di daerah pegunungan di jerman yang bernama Hartz. Ciri-ciri kenari ini dalam even perlombaan yaitu di taruh di dalam sangkar kayu yang ditutupi kain di bagian depannya, karena dalam proses pelatihannya apabila dibuka kain penutupnya maka kenari harus berbunyi. Pemilihan pakan yang berkualitas juga sangat berpengaruh terhadap keahlian buring kenari ini dalam berbunyi.

Baca juga: Ciri-ciri Burung Kenari Yorkshire Inggris yang Bagus

6.

sumber: Reddit

Burung kenari jenis ini termasuk salah satu jenis kenari tertua, karena pada awal dikenal pada tahun 1950-an. Pada mulanya kenari ini dikenal dengan sebutan turn-crown yang kemudian menjadi sangat populer dengan sebutan king of the fancy yang artinya adalah raja fantasi. Ada 2 variasi unik pada kenari jenis ini, yaitu memiliki jambul dan tidak memiliki jambul. Uniknya adalah yang berjambul, maka jambulnya itu bisa sampai menutupi kepalanya bahkan sampai pada matanya dan paruhnya Dalam perlombaannya, biasanya kenari ini diperioritaskan pada penilaian jambulnya yang harus benar-benar sempurna.

7.

Pada terdapat beberapa bulu yang unik, yang paling dikenal adalah jabot, mantle, dan fin. Mantle merupakan bulu yang berada di tengah-tengah punggung kenari ini, atau secara simetris. Jabot adalah bulu yang terdapat pada bagian dadanya yang merombak ke dalam hingga berbentuk seperti kerutan yang menutup. Sedangkan Fin merupakan bulu yang terdapat di sekitar paha hingga ke sekeliling sayap. Apabila bulunya tumbuh dengan bagus dan sempurna maka akan terlihat indah dan menawan, tapi sebaliknya bila bulu-bulu tersebut tidak tumbuh dengan sempurna maka akan kelihatan aneh karena bulu tersbeut.

8.

merupakan jenis kenari yang sudah lama dikembangbiakkan, namun kenari ini termasuk kenari yang paling susah diternak, dan kebanyakan diternak dengan cara ditetaskan telurnya dari indukan kenari jenis lainnya. Dalam perlombaan, penilaian pada kenari ini adalah pada bentuk serta kedudukannya, sedangkan ciri khas nya adalah memiliki bentuk kepala yang kecil seperti ular.

Baca juga: Penjelasan Mengenai Burung Perkutut Majapahit

Demikianlah sedikit informasi mengenai macam-macam yang bisa kami share kepada sobat kenari mania. Semoga informasi di atas bisa menjadi wawasan dan pengetahuan bagi kita semua tentang jenis-jenis kenari yang populer di pasaran lokal bahkan di d dunia.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.